Jumat, 01 Agustus 2014

Program Tahunan Prakarya Kelas VII SMP 2014/2015



PROGARAM TAHUNAN
Sekolah                                         :SMP 17 Kendari
Mata Pelajaran                              :Prakarya
Kelas                                             :VII
Tahun Pembelajaran                      : 2014/2015

A.      Banyaknya Minggu, Hari dan Jam Efektif Semester 1

No
Bulan
Keadaan Minggu dalam setiap bulan
Ket.
Jmh Ming
Mingg Efektif
Jml Jam Efektif
1
Juni




2
Juli
5
0
0
Lbr Smst 1, MOS, Peski
3
Agustus
4
4
8

4
September
4
4
8

5
Oktober
5
4
8
uts
6
November
4
4
8

7
Desember
5
1
2
Uj smst, porseni, lbr smst 2
Jumlah
27
17
34


Jumlah Jam Efektif Khusus Prakarya        = 17 Minggu Efektif x 2 Jam Per Minggu
                                                                                        = 34 Jam

B.      Banyaknya Minggu, Hari dan Jam Efektif Semester 2

No
Bulan
Keadaan Minggu dalam setiap bulan
Ket.
Jmh Ming
Mingg Efektif
Jml Jam Efektif
1
Desember




2
Januari
5
4
8
Lbr Smtr
3
Februari
4
4
8

4
Maret
5
3
6
 Try Out, US
5
April
5
4
8
US
6
Mei
4
3
6
UN
7
Juni
4
0
0
Uj Smst, Porseni, Lbr Smst
Jumlah
27
18
32


Jumlah Jam Efektif khusus Prakarya        = 18 Minggu Efektif x 2 Jam Per Minggu
                                                                                = 32 Jam


C.      Hari Tidak Efektif

1.       Semester  1
No
Nama Bulan
Tanggal
Hari
Keterangan
1
Juni



2
Juli
1-5, 7-15, 21-31
Lbr Sms 2, Peski, Lbr puasa

3
Agustus
4
Hr Pertama Msk Sekolah

4
September



5
Oktober
13-18, 25
Uts, Lbr Umum

6
November



7
Desember
1-6, 8-23,24,25, 26-31
Uj Smst, Pengolahan Nli, Porseni, TBL, Hari Natal, Lbr Smt


2.       Semester  2
No
Nama Bulan
Tanggal
Hari
Keterangan
1
Desember



2
Januari
1-3
Lbr Smt

3
Februari
19
Lb Umum

4
Maret
21, 9-14, 30-31
Lb Umum, Try Out, US

5
April
1-4
US,

6
Mei
4-7
UN

7
Juni
1-9, 10-19
Lbr Umum, Uj Smst, Porseni & Penglh Nilai, PBL, Lbur Smstr


D.      Distribusi Alokasi Waktu KI3 dan KI4

  1. Semester 1

No. SK/ No. KD
Standar Kompetensi / Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
KERAJINAN

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

3.1        Memahami desain pembuatan dan pengemasan karya bahan buatan berdasarkan konsep dan prosedur berkarya sesuai wilayah setempat.
3.2        Mengidentifikasi proses modifikasi karya kerajinan dan pengemasan dari bahan buatan sesuai wilayah setempat.

6 x pert
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

4.1        Mencoba membuat karya kerajinan dan pengemasan dari bahan buatan sesuai desain dan bahan buatan yang ada di wilayah setempat
4.2        Memodifikasi karya kerajinan dan pengemasan dari bahan buatan sesuai hasil identifikasi di wilayah setempat

REKAYASA

3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

3.1 Memahami prosedur rekayasa yang digunakan sebagai alat penjernih air dari bahan alami
3.2 Mengidentifikasi bahan, material dan alat bantu yang digunakan sebagai alat penjernih air dengan bahan buatan yang ada di daerah setempat dan daerah lain

3 x Perte
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,

4.1 Mencoba membuat alat penjernih air dari bahan alami yang ada di lingkungan sekitar
4.2 Mencoba membuat alat penjernih air dari bahan buatan yang ada di lingkungan sekitar



BIDIDAYA


3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata


3.1 Memahami konsep dan prosedur budidaya tanaman sayuran sesuai wilayah setempat
3.2 Mengidentifikasi teknikmodifikasimedia tanam tanaman sayuransesuai wilayah setempat

4 x Pert

4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori


4.1 Mempraktikan budidaya tanaman sayuran berdasarkan konsep dan prosedur yang ada di wilayah setempat
4.2 Memodifikasi media tanam tanaman sayuran berdasarkan identifikasi sesuai wilayah setempat



PENGOLAHAN

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.1        Memahami rancangan pembuatan, penyajian dan pengemasan aneka olahan pangan buah dan sayuran menjadi makanan cepat saji yang sehat berdasarkan konsep dan prosedur berkarya sesuai wilayah setempat.
3.2        Memahami manfaat dan proses olahan non pangan dari hasil samping bahan pangan nabati menjadi bahan dasar kerajinan

4 x Petm
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan mem-buat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1    Mencoba membuat olahan pangan buah dan sayuran menjadi makanan cepat saji yang sehat sesuai rancangan dan bahan yang ada di wilayah setempat
4.2    Mencoba membuat olahan non pangan dari hasil samping bahan pangan nabati menjadi bahan dasar kerajinan

Jumlah jam efektif tatap muka yang digunakan
17 x Pertm



  1. Semester 2

No. SK/ No. KD
Standar Kompetensi / Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
KERAJINAN


3.2. Memahami desain pembuatan dan pengemasan karya bahan buatan berdasarkan konsep dan prosedur berkarya sesuai wilayah setempat.
3x Prt

4.2 .Mencoba membuat karya kerajinan dan pengemasan dari bahan buatan sesuai desain dan bahan buatan
REKAYASA


3.2. Memahami prosedur rekayasa yang digunakan dalam produk sederhana dengan teknologi mekanik
2 x Pert

4.2    Membuat produk sederhana menggunakan teknologi mekanik (gerak, putar, ungkit dan sebagainya)
BIDIDAYA

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
3.2. Memahami konsep dan prosedur budidaya tanaman obat sesuai wilayah setempat.
8 x Pert
Mencoba, mengolah, dan menyajikan dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
4.2. Mempraktikkan budidaya tanaman obat berdasarkan konsep dan prose-dur yang ada di wilayah setempat.
PENGOLAHAN

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
 3.2  Memahami rancangan pembuatan, penyajian dan pengemasan aneka olahan pangan buah dan sayuran menjadi minuman segar berdasarkan konsep dan prosedur berkarya sesuai wilayah setempat.
4 x pert
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
4.2   Mencoba membuat olahan pangan buah dan sayuran menjadi minuman segar sesuai rancangan dan bahan yang ada di wilayah setempat


Jumlah jam efektif tatap muka yang digunakan




  


                      Kendari,
Mengetahui;                                                                                      Guru Mata Peajaran
Kepala Sekolah


1 komentar:

KELAS BERCERITA DALAM TAMU SAGA

  Bukan Pelajaran Bahasa atau Seni. Ini tentang sains dalam mendorong numerasi dan literasi dilingkungan sekolah. Ketika rapor pendidikan me...