ABSTRAK
Suhardin, 2014
Penggunaan
Menara Ukur Pertumbuhan dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA
Siswa
Kelas VIII SMPN 17 Kendari.
Sarana dan
prasarana praktikum yang dimiliki sekolah tidak berimbang dengan jumlah rombongan
belajar serta tuntutan kegiatan pembelajaran IPA dalam melakukan eksperimen sehingga
penggunaan menara ukur pertumbuhan menjadi salah satu solusi untuk memanfaatkan
media rancangan sendiri dalam pembelajaran dengan tujuan untuk meningkatkan
hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 17 Kendari pada materi pengaruh faktor
eksternal terhadap pertumbuhan tanaman. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan
melalui dua cara yakni metode demonstrasi di kelas VIII.6 dan model Inquiry melalui metode eksperimen di
kelas VIII.4.
berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa alat menara ukur pertumbuhan yang
digunakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 17 Kendari
dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar