Senin, 27 Januari 2020

RPP 1 lembar IPA Model Group Investigasi


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah
SMPN 17 Kendari
Materi Pokok
Kemagnetan dan Pemanft. Produk Teknologi
Mata Pelajaran
IPA
Alokasi Waktu
2 x 40”
Kelas/Semster
IX/1
T.P
2019/2020

Kompetensi Dasar
Tujuan Pembelajaran
3.6 Menerapkan konsep kemagnetan, induksi elektromagnetik, dan pemanfaatan medan magnet dalam kehidupan sehari-hari termasuk pergerakan/navigasi hewan untuk mencari makanan dan migrasi
1.      Mengidentifikasi pemanfaatan magnet pada migrasi hewan.
2.      Mendeskripsikan konsep gaya magnet

Langkah-Langkah Pembelajaran (Group Investigation)
Mengidentifikasi
(Mengamati / Observing)
Siswa mencermati gambar / video tentang terjadinya siang malam serta migrasi hewan
Merencanakan Tugas
(Menanya / Questioning)
Menentukan jenis hewan migran dan cara memanfaatkan magnet di bumi dalam mobilisasinya  serta konsep gaya magnet dengan melihat langkah-langkah dalam Lembar Kerja Siswa (LKS)
Membuat Penyelidikan
(Mengumpulkan Informasi/ Mencoba / Experimenting)
Siswa membaca buku pegangan, mengamati gambar atau vidieo tentang Manfaat magnet bagi hewan, konsep gaya magnet serta pembuatan dan cara menghilangkan magnet.
Mempersiapkan Tugas Akhir(Mengumpulkan Informasi/ Mencoba / Experimenting)
Siswa melakukan diskusi kelompok kecil untuk menentukan pemanfaatan magnet bumi dalam migrasi hewan, konsep gaya magnet serta pembuatan dan cara menghilangkan magnet.
Siswa mengisi Lembar kerja melalui hasil diskusi yang dilakukan
Mempersentasekan Tugas Akhir (Mengkomunikasi/ Communication)
Melakukan Diskusi klasikal yang dipandu oleh guru tentang pemanfaatan magnet bumi dalam migrasi hewan konsep gaya magnet serta pembuatan dan cara menghilangkan magnet.
Evalusi (Mengkomunikasi/ Communication)
Siswa dan guru melakukan interview hasil dan pengembangan pembelajaran melalui tanya jawab

Prosedur Penilaian Pembelajaran
Sikap
Jurnal Siswa / Absensi
Buku Jurnal Siswa
Pengetahuan
Lembar Evaluasi Tertulis
Soal Pilihan Ganda / Tanya Jawab
Keterampilan
Unjuk kerja dalam diskusi
Lembar Observasi

Catatan Kegiatan Pembelajaran




                                                                                                   Kendari......................20...
Mengetahui                                                                     Guru Mata Pelajaran
                                                                                        IPA SMPN 17 Kendari
Kepala Sekolah




H.M. Jumrin Side.,S.Pd.,M.Si                                        Suhardin, S.Pd
NIP 19691231 199203 1 089                                          NIP 19730731 199903 1006

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KELAS BERCERITA DALAM TAMU SAGA

  Bukan Pelajaran Bahasa atau Seni. Ini tentang sains dalam mendorong numerasi dan literasi dilingkungan sekolah. Ketika rapor pendidikan me...