RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama
Sekolah
|
SMPN
17 Kendari
|
Materi
Pokok
|
Kemagnetan
dan Pemanft. Produk Teknologi
|
Mata
Pelajaran
|
IPA
|
Alokasi
Waktu
|
2
x 40”
|
Kelas/Semster
|
IX/1
|
T.P
|
2019/2020
|
Kompetensi Dasar
|
Tujuan Pembelajaran
|
3.6 Menerapkan konsep kemagnetan, induksi
elektromagnetik, dan pemanfaatan medan magnet dalam kehidupan sehari-hari
termasuk pergerakan/navigasi hewan untuk mencari makanan dan migrasi
|
1.
Mengidentifikasi pemanfaatan magnet pada migrasi
hewan.
2.
Mendeskripsikan konsep gaya magnet
|
Langkah-Langkah Pembelajaran (Group
Investigation)
|
|
Mengidentifikasi
(Mengamati / Observing)
|
Siswa
mencermati gambar / video tentang terjadinya siang malam serta migrasi hewan
|
Merencanakan Tugas
(Menanya / Questioning)
|
Menentukan
jenis hewan migran dan cara memanfaatkan magnet di bumi dalam
mobilisasinya serta konsep gaya magnet
dengan melihat langkah-langkah dalam Lembar Kerja Siswa (LKS)
|
Membuat Penyelidikan
(Mengumpulkan Informasi/ Mencoba /
Experimenting)
|
Siswa
membaca buku pegangan, mengamati gambar atau vidieo tentang Manfaat magnet
bagi hewan, konsep gaya magnet serta pembuatan dan cara menghilangkan magnet.
|
Mempersiapkan Tugas Akhir(Mengumpulkan Informasi/ Mencoba / Experimenting)
|
Siswa
melakukan diskusi kelompok kecil untuk menentukan pemanfaatan magnet bumi
dalam migrasi hewan, konsep gaya magnet serta pembuatan dan cara
menghilangkan magnet.
Siswa
mengisi Lembar kerja melalui hasil diskusi yang dilakukan
|
Mempersentasekan Tugas Akhir (Mengkomunikasi/ Communication)
|
Melakukan
Diskusi klasikal yang dipandu oleh guru tentang pemanfaatan magnet bumi dalam
migrasi hewan konsep gaya magnet serta pembuatan dan cara menghilangkan
magnet.
|
Evalusi (Mengkomunikasi/ Communication)
|
Siswa
dan guru melakukan interview hasil dan pengembangan pembelajaran melalui
tanya jawab
|
Prosedur Penilaian Pembelajaran
|
||
Sikap
|
Jurnal
Siswa / Absensi
|
Buku
Jurnal Siswa
|
Pengetahuan
|
Lembar
Evaluasi Tertulis
|
Soal
Pilihan Ganda / Tanya Jawab
|
Keterampilan
|
Unjuk
kerja dalam diskusi
|
Lembar
Observasi
|
Catatan Kegiatan Pembelajaran
|
|
Kendari......................20...
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
IPA
SMPN 17 Kendari
Kepala Sekolah
H.M.
Jumrin Side.,S.Pd.,M.Si Suhardin,
S.Pd
NIP 19691231 199203 1 089 NIP
19730731 199903 1006
Tidak ada komentar:
Posting Komentar