Kamis, 08 April 2021

Kumpulan LKS dan Tes Pengetahuan (Kemagnetan)

 Lembar Kerja Sswa 1

Nama   ..............................................kelas .................................Hari/Tanggal: Selasa, 12-1-2021.

Judul               Pengaruh magnet dalam kehidupan mahluk hidup.

Tujuan :           Mengidentifikasi peanfaatan magnet dalam kehidupan mahluk hidup.

 

1.      Apakah hubungan Medan magnet bumi dan biomagnet?

2.      Jelaskan secara singkat “Peta navigasi” pada pene,itian burung merpati!

3.      Mengapa ikan salmon yang hidup di Samudera pasifik dan Atlantik dapat kembali ke sungai fraser kanada yang berjarak ribuan kilometre dan mengetahui jalannya setelah dua tahun untuk bertelur?

4.      Sesuai hasil penelitian, Penyu dapat berenang sendiri dari pantai timur florida dan timur laut dekat portugal. Mengitari samudra dan dapat kembali ketempat semula setelah 5-10 tahun. Lakukanlah kegiatan literasi digital maupun membaca buku paket, mengapa hal tersebut bisa terjadi?

5.      Jelaskan secara singkat, bagaimana cara lobster duri medetksi medan magnet dalam pergerakan migrasinya?

6.      Apakah manfaat magnetosome pada baketri Magnetospirillum magnetotacticum dalam gerakan tubuhnya?

7.      Lengkapilah tabel berikut

No

Konsep Magnet

Uraian argumentasimu

1

Magnesia

 

2

Bahan pembuatan magnet

 

3

Bentuk magnet

 

4

Jumlah dan nama kutub magnet

 

5

Apa yang terjadi bila kutub yang sama saling didekatkan?

 

6

Apa yang terjadi bila kutub yang berbeda saling didekatkan?

 

Jawabannya hanya satu hingga dua kata saja

8.      Lengkapilah tabel berikut

No

Sifat Magnet

Pengertian

Cpntoh unsur

1

Feromagnet

 

 

2

Paramagnetik

 

 

3

Diamagnetik

 

 


Buatkanlah sebuah kesimpulan pembelajaran hari ini

Tes Pengetahuan 1

Pililah jawaban yang benar dengan memberikan tanda silang pada obsent.

1.      Manakah pernyataan yang tepat dibawah ini

a.       Burung melakukan migrasi dengan memanfaatkan konsep magnet yang disebit “peta navigasi”

b.      Ikan salmon memanfaatkan medan magnet untuk tetap berada di perairan hangat pada jalurnya.

c.       Migrasi lobster duri selalu mengikuti arah kutub selatan magnet dalam pergerakan tubuhnya.

d.      Penyu bermigrasi dengan memanfaatkan flagel untuk mendeteksi medan magnet jalannya.

2.      Flagel dan peta navigasi merupakan pendeteksi magnet dalam migrasi yang dimiliki oleh …

a.       Penyu dan salmon

b.      Bakteri dan burung

c.       Samon dan bakteri

d.      Burung dan penyu

3.      Konsep sebuah magnet yang tepat adalah …

a.       Memiliki lebih dari dua kutub yang bekerja berlawanan.

b.      Terbuat dari bahan alumenium dan nikel yang tahan karat

c.       Batu gamnesia adalah magnet tertua dari daratan Turki

d.      Magnet hanya berbetuk panjang dengan dua sisi kutubnya

4.      Jika kutub magnet yang sama muatannya didekatkan maka…

a.       Melekat erat

b.      Tidak melekat

c.       Sedikit melekat

d.      Hanya sebagain saja

5.      Magnesium dan lithium memiliki kekuatan yang lemah dalam menarik benda di sekitarnya, hal tersebut disebabkan oleh …

a.       Mudah berkarat jika terkena hujan

b.      Memiliki sifat diamagnetic kuat

c.       Bahanya bukan sumber arus listrik

d.      Sifatnya sebagai paramagnetik


Lembar Kerja Sswa 2

Nama   ..............................................kelas .................................Hari/Tanggal : Selasa 19-1-2021

Judul               Pmebuatan dan menghilangkan magnet.

Tujuan :           Mengidentifikasi cara membuat dan menghilangkan magnet.

 

1.      Gambar dan jelaskanlah 3 cara pembuatan magnet.

2.      Jelaskanlahlah cara menghilangkan magnet

3.      Buatlah kesimpulan pembelajaran hari ini.

 

 Lembar Kerja Sswa 3

Nama   ..............................................kelas .................................Hari/Tanggal Selasa. 26 Januari 2021

Judul               Pengaruh magnet dalam kehidupan mahluk hidup.

Tujuan :           Mengidentifikasi peanfaatan magnet dalam kehidupan mahluk hidup.

 

1.      Tentukanlah benar atau salah pernyataan berikut

No

Pernyataan

tentang elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari

Jawablah dengan memberi cek list (v)

Benar

Salah

1

Cara kerja bel, sekalar dan telepon listrik merupakan penerapan elektromegnetik dalam kehidupan manusia

 

 

2

Sumber elektromagnetik pada bel listrik berasal dari kumparannya

 

 

3

Bunyi bel listrik saat ditekan akibat batang besi pada kumparan yang bergetar

 

 

4

Sakelar listrik berperan dalam menambah tegangan pada aliran listrik

 

 

5

Sifat leketromagnetik pada sakelar berasal dari lilitan kawat

 

 

6

Aliran listrik bisa menyalakan balon lampu apabila tangkai basi tertarik ke bawah kemudian mendorong kesamping kiri sehingga bersentuhan dengan tangkai kanan

 

 

7

Penggunaan sakelar elektromagnetik pada rangkaian listrik rumah tangga dapat menghemat biaya pamakaian

 

 

8

Prinsip kerja telepon adalah mengubah energy bunyi menjadi energy listrik

 

 

9

Efek elektromagnetik pada telepon berasal dari energy listrik yang mengalir pada kabel.

 

 

10

Efek dengar pada telepon dihasilkan dari bergetarnya diafragma besi lentur pada spiker telepon.

 

 

            Tabelnya dibuat kembali lalu diisi sesuai petunjuk

2.      Apakah perbedaan medan magnet dan induksi magnet?

3.      Buatlah kesimpulan pembelajaran hari ini.

Seteah mengisi LKS, isislah tes berikut ini.

 Tes Pengetahuan

Nama : …………………………………………Kelas : ………………… Selasa, 26 Januari 2021

Petunjuk : Pililah jawaban yang tepat dari pertanyaan di bawah ini.

1.      Jika kumparan pada bel listrik terputus maka …

a.       Bel tetap berbunyi dengan suara yang lemah

b.      Sakelar tidak dapat berfungsi dengan baik

c.       Pegas bel akan mengalami perkaratan

d.      Bel tidak akan dapat menghasilkan bunyi

2.       Bunyi bel listrik berasal dari …

a.       Gerakan besi lengan yang memukul bel

b.      Perputaran kumbaran sekitar bel listri

c.       Tekanan sakelar pada dinding bel listrik

d.      Tekanan pegas yang menghentakkan kumparan

3.      Penghubung dan pemutus aliran lstrik dalam rangkaian merupakan mekasime kerja dari …

a.       Kumparan

b.      Sakelar

c.       Pegas

d.      Besi lentur

4.      Perubahan energy pada telepon yakni…

a.       Gerak ke listrik

b.      Listrik ke gerak

c.       Listrik ke bunyi

d.      Bunyi ke listrik

5.      Hasil penelitian Hans Cristian, menyimpulkan bahwa jika jaruum kompas diletakkan sejajar konduktor maka konduktor akan dialiri arus listrik. Hal tersebut disebabkan oleh pengaruh magnet yang sangat kuat disekitar konduktor yang menghsilan arus listrik. Hal tersebut dikenal dengan istilah …

a.       Medan magnet

b.      Induksi magnet

c.       Arus magnet

d.      Gaya magnet

 

Soalnya disalin terlebih dahulu lalu di jawab pada dibagian bawahnya

Kunci Jawaban :

1.       

2.        

3.        

4.        

5.        


Lembar Kerja Siswa 4

Nama : ..................................Kelas : ............Hari/tanggal : Selasa, 2 -2 2021

Contoh Soal Gaya Lorentz

Sebuah kawat tembaga sepanjang 1o m dialiri arus listrik sebesar 5 mA, Jika kawat tembaga tersebut tegak lurus berada dalam medan magnet sebesar 8 T, berapakah Gaya Lorentz yang timbul?

Diketahui:

L =10m

I =5mA= 0,005 A

B=8T

Ditanya: Gaya Lorentz (F)?

Jawab:

F=BIL=8.0,005.10=0,4N

Jadi, Gaya Lorentz yang timbul sebesar O,4 N

 

Jika gaya Lorentz yang ditimbulkan oleh kawat tembaga sepanjang 2 m dan dialiri arus listrik sebesar 2 mA adalah 12 N, maka berapakah besar medan magnet yang melingkupi kawat

tembaga tersebut?

Diketahui:

L =2m

I = 2 mA = 0,002 A = 2 X 103 A

F =12N

Ditanya: medan magnet?

Kerjakanlah soal berikut!

 

1.      Sebuah kawat tembaga memiliki panjang 8m dialiri arus listrik sebesar 2mA. Jika kawat tersebut tegak lurus berada dalam medan magnet sebesar 8 T, berapakah gaya Lorentz yang timbul?

2.      Jika gaya Lorentz yang ditimbulkan oleh kawat tembaga sepanjang 2m dan dialiri arus listrik sebesar 2 mA adalah 12 N, maka berapakah besar medan magnet yang melingkupi kawat tembaga tersebut?

3.      Jika gaya Lorentz yang dialami sebuah kawat penghantar yang panjangnya 5 m adalah 1 N dan arus yang mengalir pada kawat sebesar 2 mA. Berapakah besar medan magnet yang dialami kawat penghantar tersebut?


Lembar Kerja Siswa 5

Lakukanlah literasi digital (Informasi melalui jaringan internet) untuk mengisi lembar kerja ini. Tulis terlebih dahulu soalnya lalu kerjakan di buku catatnmu sesuai informasi yang kamu dapatkan.

Nama …………………………………..Kelas …………….. Hari/Tanggal : Selasa 9-2-2021

1.      Alat apa saja yang menggunakan prinsip kerja elektromagnetik?

2.      Mengapa saat sepeda dikayuh lebih cepat, nyala lampunya makin terang?

3.      Identifikasilah perbedaan alat listrik berikut melalui tabel di bawah ini.

No

Nama alat

Pengertian

Cara menghasilkan listrik

1

Generator

 

 

 

 

 

2

Dinamo AC-DC

 

 

 

 

 

3

Transformator

 

 

 

 

 

            Tabel ini dibuat kembali di buku lalu diisi.

4.      Apakah perbedaan antara transformator step-down dan step-up? Lengkapilah tabel berikut!

No

Jenis trasformator

Fungsi

Perbandingan lilitan

Jumlah tegangan

Jumlah lilitan

1

Step-Up

 

 

 

 

2

Step-down

 

 

 

 

Tabel ini dibuat kembali di buku lalu diisi.

5.      Tuliskanlah persamaa rumus transformator yang idel!

Apa yang dapat kamu simpulkan?


Lembar Kerja Sswa 6

Nama   ..............................................kelas .................................Hari/Tanggal : Selasa/23-2-2021

Judul               Transformator dan pemanfaatan produk teknologi melalui prinsip kemagnetan.

Tujuan  

a)    Mendiskripsikan nilai dalam transformator melalui latihan soal.

b)    Mensdiskripsikan pemanfaatan produk teknologi melalui prinsip kemagnetan.

Cobalah selesaikan soal-soal berikut. Kalian bisa berdiskusi secara on line dengan kawanmu. Gunakan buku panduan siswa atau laman web di google untuk membantumu. Jika ada yang kurang jelas dapat bertanya secara daring. Selamat mencoba

1.      Diketahui sebuah trafo memiliki 800 lilitan primer dan 400 lilitan sukunder. Jika lilitan primernya dihubungkan dengan tegangan 200 votl maka tentukanlah :

a.       Tegangan skundernya

b.      Jenis trasformatornya

c.       Efesiensi transformatornya


1.      Jika daya listrik yang mengalir pada kumparan primer dan skunder sebuah transformator berturut-turut 300 watt dan 50 watt, berapakah efesiensi transformator tersebut?

2.      Jelaskanlah secara singkat pengaruh medan magnet pada kerja alat berikut

a.       MRI (Magnetik Resonance Imaging)

b.      Kereta Manglev

c.       Pembangkit listrik tenaga nuklir


Lampiran 3 : Tes Pengetahuan

Nama : ……………………………………….Kelas:………………….. Hari/tgl : Selasa/23-2-2021

Petunjuk : Pililah jawaban yang tepat dari pertanyaan di bawah ini. Salin terlebih dahulu soalnya lalu menjawabnya di sisi bagian bawah. Tulisah huruf obsent yang dipilih.     

1.      Sebuah transformator memiliki jumlah lilitan primer lebih banyak dari skunder, demikian pula dengan tegangan primernya yang lebih besar dari skundernya. Dilihat dari cirinya, transformator tersebut merupakan…

a.       Step-up         

b.      Step-down    

c.       Travo 220 volt          

d.      Travo 110 volt

2.      Jika daya listrik yang mengalir pada kumparan primer dan skunder sebuah transformator berturut-turut 40 watt dan 800 watt, berapakah efesiensi transformator tersebut?

a.       20%

b.      40%

c.       60%

d.      80%

3.      Penggunaan prinsip kemagnetan pada alat MRI (Magnetik Resonance Imaging) yang berhubungan dengan kerja syaraf manusia adalah …

a.       Mendeteksi adanya tumor

b.      Pemeriksaan dini epilepsy

c.       Menentukan umur kandungan

d.      Memeriksa rasangan pana otak

4.      Naik kereta maglev dengan kecepapatan 650 km/jam sangat minim getaran. Hal tersebut disebabkan oleh …

a.       Terbang diatas relnya melalui penerapan gaya tolak menolak magnet.

b.      Bekerja dengan pancaran gelombang radio melalui nukleoun sejajar

c.       Menggerakkan turbin dengan kekuatan uap agar  generator bergerak

d.      Menampung listrik dalam kumparan untuk menggerakkan lilitannya






























Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KELAS BERCERITA DALAM TAMU SAGA

  Bukan Pelajaran Bahasa atau Seni. Ini tentang sains dalam mendorong numerasi dan literasi dilingkungan sekolah. Ketika rapor pendidikan me...