Lembar Kerja Sswa 1
Nama ..............................................kelas .................................Hari/Tanggal: Selasa, 12-1-2021.
Judul Pengaruh
magnet dalam kehidupan mahluk hidup.
Tujuan
: Mengidentifikasi peanfaatan
magnet dalam kehidupan mahluk hidup.
1. Apakah hubungan Medan magnet bumi dan biomagnet?
2. Jelaskan secara singkat “Peta navigasi” pada pene,itian burung merpati!
3. Mengapa ikan salmon yang hidup di Samudera pasifik dan Atlantik dapat kembali ke sungai fraser kanada yang berjarak ribuan kilometre dan mengetahui jalannya setelah dua tahun untuk bertelur?
4. Sesuai hasil penelitian, Penyu dapat berenang sendiri dari pantai timur florida dan timur laut dekat portugal. Mengitari samudra dan dapat kembali ketempat semula setelah 5-10 tahun. Lakukanlah kegiatan literasi digital maupun membaca buku paket, mengapa hal tersebut bisa terjadi?
5. Jelaskan secara singkat, bagaimana cara lobster duri medetksi medan magnet dalam pergerakan migrasinya?
6. Apakah manfaat magnetosome pada baketri Magnetospirillum magnetotacticum dalam gerakan tubuhnya?
7.
Lengkapilah tabel berikut
No |
Konsep
Magnet |
Uraian
argumentasimu |
1 |
Magnesia |
|
2 |
Bahan
pembuatan magnet |
|
3 |
Bentuk
magnet |
|
4 |
Jumlah dan nama
kutub magnet |
|
5 |
Apa yang terjadi
bila kutub yang sama saling didekatkan? |
|
6 |
Apa yang terjadi
bila kutub yang berbeda saling didekatkan? |
|
Jawabannya hanya satu hingga dua kata saja
8.
Lengkapilah tabel berikut
No |
Sifat
Magnet |
Pengertian |
Cpntoh
unsur |
1 |
Feromagnet |
|
|
2 |
Paramagnetik |
|
|
3 |
Diamagnetik |
|
|
Buatkanlah sebuah
kesimpulan pembelajaran hari ini
Tes Pengetahuan 1
Pililah
jawaban yang benar dengan memberikan tanda silang pada obsent.
1. Manakah
pernyataan yang tepat dibawah ini
a. Burung
melakukan migrasi dengan memanfaatkan konsep magnet yang disebit “peta
navigasi”
b. Ikan
salmon memanfaatkan medan magnet untuk tetap berada di perairan hangat pada
jalurnya.
c. Migrasi
lobster duri selalu mengikuti arah kutub selatan magnet dalam pergerakan
tubuhnya.
d. Penyu
bermigrasi dengan memanfaatkan flagel untuk mendeteksi medan magnet jalannya.
2. Flagel
dan peta navigasi merupakan pendeteksi magnet dalam migrasi yang dimiliki oleh
…
a. Penyu
dan salmon
b. Bakteri
dan burung
c. Samon
dan bakteri
d. Burung
dan penyu
3. Konsep
sebuah magnet yang tepat adalah …
a. Memiliki
lebih dari dua kutub yang bekerja berlawanan.
b. Terbuat
dari bahan alumenium dan nikel yang tahan karat
c. Batu
gamnesia adalah magnet tertua dari daratan Turki
d. Magnet
hanya berbetuk panjang dengan dua sisi kutubnya
4. Jika
kutub magnet yang sama muatannya didekatkan maka…
a. Melekat
erat
b. Tidak
melekat
c. Sedikit
melekat
d. Hanya
sebagain saja
5. Magnesium
dan lithium memiliki kekuatan yang lemah dalam menarik benda di sekitarnya, hal
tersebut disebabkan oleh …
a. Mudah
berkarat jika terkena hujan
b. Memiliki
sifat diamagnetic kuat
c. Bahanya
bukan sumber arus listrik
d. Sifatnya
sebagai paramagnetik
Lembar Kerja Sswa 2
Nama ..............................................kelas .................................Hari/Tanggal : Selasa 19-1-2021
Judul Pmebuatan
dan menghilangkan magnet.
Tujuan
: Mengidentifikasi cara membuat
dan menghilangkan magnet.
1. Gambar dan jelaskanlah 3 cara pembuatan magnet.
2. Jelaskanlahlah cara menghilangkan magnet
3. Buatlah kesimpulan pembelajaran hari ini.
Lembar Kerja Sswa 3
Nama ..............................................kelas .................................Hari/Tanggal Selasa. 26 Januari 2021
Judul Pengaruh
magnet dalam kehidupan mahluk hidup.
Tujuan
: Mengidentifikasi peanfaatan
magnet dalam kehidupan mahluk hidup.
1. Tentukanlah
benar atau salah pernyataan berikut
No |
Pernyataan tentang
elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari |
Jawablah dengan memberi
cek list (v) |
|
Benar |
Salah |
||
1 |
Cara kerja bel, sekalar dan
telepon listrik merupakan penerapan elektromegnetik dalam kehidupan manusia |
|
|
2 |
Sumber elektromagnetik pada bel
listrik berasal dari kumparannya |
|
|
3 |
Bunyi bel listrik saat ditekan
akibat batang besi pada kumparan yang bergetar |
|
|
4 |
Sakelar listrik berperan dalam menambah
tegangan pada aliran listrik |
|
|
5 |
Sifat leketromagnetik pada
sakelar berasal dari lilitan kawat |
|
|
6 |
Aliran listrik bisa menyalakan
balon lampu apabila tangkai basi tertarik ke bawah kemudian mendorong
kesamping kiri sehingga bersentuhan dengan tangkai kanan |
|
|
7 |
Penggunaan sakelar
elektromagnetik pada rangkaian listrik rumah tangga dapat menghemat biaya
pamakaian |
|
|
8 |
Prinsip kerja telepon adalah
mengubah energy bunyi menjadi energy listrik |
|
|
9 |
Efek elektromagnetik pada telepon
berasal dari energy listrik yang mengalir pada kabel. |
|
|
10 |
Efek dengar pada telepon
dihasilkan dari bergetarnya diafragma besi lentur pada spiker telepon. |
|
|
Tabelnya dibuat kembali lalu diisi sesuai
petunjuk
2. Apakah perbedaan medan magnet dan induksi magnet?
3. Buatlah kesimpulan pembelajaran hari ini.
Seteah mengisi
LKS, isislah tes berikut ini.
Tes Pengetahuan
Nama
: …………………………………………Kelas : ………………… Selasa, 26 Januari 2021
Petunjuk :
Pililah jawaban yang tepat dari pertanyaan di bawah ini.
1. Jika
kumparan pada bel listrik terputus maka …
a. Bel
tetap berbunyi dengan suara yang lemah
b. Sakelar
tidak dapat berfungsi dengan baik
c. Pegas
bel akan mengalami perkaratan
d. Bel
tidak akan dapat menghasilkan bunyi
2. Bunyi bel listrik berasal dari …
a. Gerakan
besi lengan yang memukul bel
b. Perputaran
kumbaran sekitar bel listri
c. Tekanan
sakelar pada dinding bel listrik
d. Tekanan
pegas yang menghentakkan kumparan
3. Penghubung
dan pemutus aliran lstrik dalam rangkaian merupakan mekasime kerja dari …
a. Kumparan
b. Sakelar
c. Pegas
d. Besi
lentur
4. Perubahan
energy pada telepon yakni…
a. Gerak
ke listrik
b. Listrik
ke gerak
c. Listrik
ke bunyi
d. Bunyi
ke listrik
5. Hasil
penelitian Hans Cristian, menyimpulkan bahwa jika jaruum kompas diletakkan
sejajar konduktor maka konduktor akan dialiri arus listrik. Hal tersebut
disebabkan oleh pengaruh magnet yang sangat kuat disekitar konduktor yang
menghsilan arus listrik. Hal tersebut dikenal dengan istilah …
a. Medan
magnet
b. Induksi
magnet
c. Arus
magnet
d. Gaya
magnet
Soalnya disalin
terlebih dahulu lalu di jawab pada dibagian bawahnya
Kunci Jawaban :
1.
2.
3.
4.
5.
Lembar Kerja Siswa 4
Nama : ..................................Kelas : ............Hari/tanggal : Selasa, 2 -2 2021
Contoh
Soal Gaya Lorentz
Sebuah
kawat tembaga sepanjang 1o m dialiri arus listrik sebesar 5 mA, Jika kawat tembaga
tersebut tegak lurus berada dalam medan magnet sebesar 8 T, berapakah Gaya
Lorentz yang timbul?
Diketahui:
L =10m
I =5mA= 0,005 A
B=8T
Ditanya: Gaya
Lorentz (F)?
Jawab:
F=BIL=8.0,005.10=0,4N
Jadi, Gaya Lorentz
yang timbul sebesar O,4 N
Jika
gaya Lorentz yang ditimbulkan oleh kawat tembaga sepanjang 2 m dan dialiri arus
listrik sebesar 2 mA adalah 12 N, maka berapakah besar medan magnet yang
melingkupi kawat
tembaga
tersebut?
Diketahui:
L =2m
I = 2 mA = 0,002 A
= 2 X 103 A
F =12N
Ditanya: medan magnet?
Kerjakanlah soal
berikut!
1. Sebuah
kawat tembaga memiliki panjang 8m dialiri arus listrik sebesar 2mA. Jika kawat
tersebut tegak lurus berada dalam medan magnet sebesar 8 T, berapakah gaya
Lorentz yang timbul?
2. Jika
gaya Lorentz yang ditimbulkan oleh kawat tembaga sepanjang 2m dan dialiri arus
listrik sebesar 2 mA adalah 12 N, maka berapakah besar medan magnet yang
melingkupi kawat tembaga tersebut?
3. Jika
gaya Lorentz yang dialami sebuah kawat penghantar yang panjangnya 5 m adalah 1
N dan arus yang mengalir pada kawat sebesar 2 mA. Berapakah besar medan magnet
yang dialami kawat penghantar tersebut?
Lembar
Kerja Siswa 5
Lakukanlah literasi digital (Informasi melalui jaringan internet) untuk mengisi lembar kerja ini. Tulis terlebih dahulu soalnya lalu kerjakan di buku catatnmu sesuai informasi yang kamu dapatkan.
Nama …………………………………..Kelas …………….. Hari/Tanggal : Selasa 9-2-2021
1. Alat
apa saja yang menggunakan prinsip kerja elektromagnetik?
2.
Mengapa saat sepeda dikayuh lebih cepat,
nyala lampunya makin terang?
3.
Identifikasilah perbedaan alat listrik
berikut melalui tabel di bawah ini.
No |
Nama alat |
Pengertian |
Cara menghasilkan listrik |
1 |
Generator |
|
|
2 |
Dinamo AC-DC |
|
|
3 |
Transformator |
|
|
Tabel
ini dibuat kembali di buku lalu diisi.
4. Apakah
perbedaan antara transformator step-down dan step-up? Lengkapilah tabel
berikut!
No |
Jenis trasformator |
Fungsi |
Perbandingan lilitan |
|
Jumlah tegangan |
Jumlah lilitan |
|||
1 |
Step-Up |
|
|
|
2 |
Step-down |
|
|
|
Tabel
ini dibuat kembali di buku lalu diisi.
5. Tuliskanlah persamaa rumus transformator yang idel!
Apa yang dapat kamu simpulkan?
Lembar Kerja Sswa 6
Nama ..............................................kelas .................................Hari/Tanggal : Selasa/23-2-2021
Judul Transformator
dan pemanfaatan produk teknologi melalui prinsip kemagnetan.
Tujuan
a) Mendiskripsikan
nilai dalam transformator melalui latihan soal.
b) Mensdiskripsikan
pemanfaatan produk teknologi melalui prinsip kemagnetan.
Cobalah selesaikan soal-soal berikut. Kalian bisa
berdiskusi secara on line dengan kawanmu. Gunakan buku panduan siswa atau laman
web di google untuk membantumu. Jika ada yang kurang jelas dapat bertanya
secara daring. Selamat mencoba
1.
Diketahui sebuah trafo memiliki 800
lilitan primer dan 400 lilitan sukunder. Jika lilitan primernya dihubungkan
dengan tegangan 200 votl maka tentukanlah :
a. Tegangan
skundernya
b. Jenis
trasformatornya
c. Efesiensi
transformatornya
1. Jika
daya listrik yang mengalir pada kumparan primer dan skunder sebuah
transformator berturut-turut 300 watt dan 50 watt, berapakah efesiensi
transformator tersebut?
2.
Jelaskanlah secara singkat pengaruh medan
magnet pada kerja alat berikut
a. MRI
(Magnetik Resonance Imaging)
b. Kereta
Manglev
c. Pembangkit
listrik tenaga nuklir
Lampiran
3 : Tes Pengetahuan
Nama
: ……………………………………….Kelas:………………….. Hari/tgl : Selasa/23-2-2021
Petunjuk : Pililah jawaban yang tepat dari pertanyaan di bawah ini. Salin terlebih dahulu soalnya lalu menjawabnya di sisi bagian bawah. Tulisah huruf obsent yang dipilih.
1.
Sebuah
transformator memiliki jumlah lilitan primer lebih banyak dari skunder,
demikian pula dengan tegangan primernya yang lebih besar dari skundernya.
Dilihat dari cirinya, transformator tersebut merupakan…
a.
Step-up
b.
Step-down
c.
Travo
220 volt
d.
Travo
110 volt
2. Jika
daya listrik yang mengalir pada kumparan primer dan skunder sebuah
transformator berturut-turut 40 watt dan 800 watt, berapakah efesiensi
transformator tersebut?
a. 20%
b. 40%
c. 60%
d. 80%
3. Penggunaan
prinsip kemagnetan pada alat MRI (Magnetik
Resonance Imaging) yang berhubungan dengan kerja syaraf manusia adalah …
a. Mendeteksi
adanya tumor
b. Pemeriksaan
dini epilepsy
c. Menentukan
umur kandungan
d. Memeriksa
rasangan pana otak
4. Naik
kereta maglev dengan kecepapatan 650 km/jam sangat minim getaran. Hal tersebut
disebabkan oleh …
a. Terbang
diatas relnya melalui penerapan gaya tolak menolak magnet.
b. Bekerja
dengan pancaran gelombang radio melalui nukleoun sejajar
c. Menggerakkan
turbin dengan kekuatan uap agar
generator bergerak
d. Menampung
listrik dalam kumparan untuk menggerakkan lilitannya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar