Nama
Siswa : ……………Kelas : …………………….Hari/Tanggal : ……………
KERAJINAN
KERAMIK
Tujuan
: Mengidentifikasi perbedaan ciri dan
contoh bahan kerajinan keramik yang terdapat di sekitar kita.
RINGKASAN
MATERI
Apakah kalian tahu arti kata keramik? Rupanya bukan berasal
dari Bahasa Indonesia tetapi Yunani. ‘keramos’ berarti benda pecah belah terbuat
dari tanah liat melalui proses pembakaran. Sifat kerajinan ini plastis, oleh
karena itu dapat dibentuk dengan mudah. Pembakarannya dilakukan pada suhu 600 0
C – 1300 0 C. Panas pembekaran disesuaikan jenis tanah litany untuk
mendapatkan tanah liat yang kedap air dan keras, padat.
Berbagai daerah di Indonesia memiliki kerajinan
keramik yang bersifatkhas. Keunikannya terlihat dari bentuk, teknik, maupun
ragam hiasnya. Keunikan tersebut menjadi Kekayaan hayati di Indonesia sebagai inspirasi
keindahan dalam kerajinan keramik yang kental
akan corak budaya. Inilah yang membedakannya dengan keramik buatan bangsa lain
seperti Cina, Jepang maupun Eropa. (Sumber : Buku Siswa Prakarya Edisi revisi
2017 Kemdikbud).
1. Perahtikanlah
alat yang digunakan dalam pembuatan kerajinan keramik di bawah ini.
Lengkapilah table berikut
melalui kegiatan literasi pada buku siswa
Tabel identifikasi
alat yang digunakan dalam pembuatan produk kerajinan keramik
No |
Nama Alat |
Fungsinya |
A |
Gabus |
|
B |
|
|
C |
|
|
E |
|
|
F |
|
|
G |
|
|
2. Perhatikanlah
Gambar Berikut
Berdasarkan gambar-gambar yang terlihat di atas, lengkapilah table identifikasi berikut. Perkaya pemahamanmu dengan membaca buku siswa tentang kerajinan keramik.
Table identifikasi
bahan kerajinan lunak alam
No |
Teknik
Pembuatan Keramik (gambar 2 – 6) |
Ciri
khas teknik yang dipakai / cara membuatnya (Literasi pada Buku Siswa) |
Contoh
produk kerajinan keramik (Gambar 1) |
1 |
|
|
|
2 |
|
|
|
3 |
|
|
|
4 |
|
|
|
5 |
|
|
|
3. Buatlah
kesimpulan pembelajaran hari ini …………………………………
Suratmin/Suhardin…..RPP 1 Lembar/dampak
Covid-19/Belajar dari rumah/2020
Tidak ada komentar:
Posting Komentar