suhardin - suratmin / daring smpn17kendari/2021
Nama ..............................................kelas
........ No Hp Orang Tua : .....................
Hari/Tanggal : Senin dan Selasa (6-7 September
2021)
Judul Pesawat
Sederhana (Kantrol, roda berporos dan bidang miring)
Tujuan : Perbedaan konsep katrol, roda berporos
dan bidang miring dalam kehidupan sehari-hari serta aplikasinya untuk
menghitung keuntungan mekaniknya.
1. Identifikasilah pernyataan berikut. Apakah termasuk konspe katrol, roda berporos dan bidang miring? (Berikan tanda ceklist atau v pada kolom yang tepat.
No |
Peristiwa pada
kehidupan |
Katrol |
Roda Berporos |
Bidang miring |
1 |
Sebuah roda di atas
sebuah as roda (penggerak roda) tujuannya
mendukung pergerakan dan mengubah arah dari kabel atau sabuk yang dipasang. |
|
|
|
2 |
Permukaan
bidang datar yang memiliki suatu sudut, akan tetapi tidak tegak lurus terhadap
permukaan horizontal. |
|
|
|
3 |
Besar keuntungan mekaniknya adalah perbandingan gaya
beban (Fb) gaya kuasanya (Fk). |
|
|
|
4 |
Keuntungan mekaniknya bergantung dari jumlah roda
yang tetap dan bebas |
|
|
|
5. |
Roda gigi pada sepeda motor |
|
|
|
6. |
Roda berputar terhubung dengan sebuah poros
sehingga dapat berputar bersama-sama untuk memperbesar kecepatan dan gaya. |
|
|
|
7. |
Mobil derek yang menarik mobil mogok |
|
|
|
8. |
Papan seluncur untuk menurunkan barang dari truk |
|
|
|
9. |
Keuntungan mekanis
dapat dilihat dari perbandingan jari-jari antar kedua roda. Roda kuasa (R)
dibandingkan dengan roda beban (r). |
|
|
|
10. |
Keuntungan mekaniknya
bergantung pada perbandingan gaya beban dan kuasa atau perbandingan antara
panjang dan tinggi papan seluncur. |
|
|
|
No |
Jenis
Tuas / Pengungkit |
Nomor
dalam gambar |
1 |
Jenis
Pertama |
|
2 |
Jenis
Kedua |
|
3 |
Jenis
Ketiga |
|
3. Buatkanlah kesimpulan pembelajaran hari ini..........................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar