Lembar Kegiatan Peserta Didik
Nama ..............................................kelas
.................................Hari/Tanggal
..........................................
Judul Karakteristik Gelombang dan Bunyi
dalam Kehidupan Manusia
Tujuan Untuk mengidentifikasi karakteristik, penggolongan dan penentuan nilai f atau v pada gelombang maupun bunyi
1. Lakukanlah identifikasi perbedaan gelombang dan bunyi melalui isian tabel berikut
No |
|
Pengertian |
Contoh dalam
kehidupan manusia |
1 |
Gelombang |
|
|
2 |
Bunyi |
|
|
No |
Pernyataan |
Mekanis |
Elektromakgnetik |
1 |
Memerlukan medium (perantara) |
|
|
2 |
Gelombang cahaya |
|
|
3 |
Gelombang pada tali atau air |
|
|
4 |
Tidak memerlukan mediaum (perantara) |
|
|
No |
Pernyataan |
Transversal |
Longitudinal |
1 |
Arah getarannya satu arah (atas-bawah) |
|
|
2 |
Gelombang pada tali |
|
|
3 |
Gelombang pada linki dan bunyi |
|
|
4 |
Merambat tegak lurus dengan arah
getarnya |
|
|
5 |
Arah gerakannya renggang dan rapat |
|
|
6 |
Merambat sejajar dengan arah geraknya |
|
|
No |
Pernyataan |
Bunyi asli |
Gaung |
Gema |
1 |
Jarak bunyi asli dan pantul sangat kecil |
|
|
|
2 |
Bunyi yang terdengar bersamaan bunyi
asli |
|
|
|
3 |
Bunyi pantul dan datang ada jarak yang jauh
datangnya di telinga |
|
|
|
4 |
Fi – si – ka ….fi….si….ka Fi…………ka |
|
|
|
5 |
Bunyi asli terdengar lebih keras |
|
|
|
6 |
Bunyi asli tidak terdengar |
|
|
|
7 |
Bunyi pantul terdengar setelah bunyi
pantul |
|
|
|
8 |
Fi – si – ka Fi – si – ka Fi – si – ka – fi – si - ka |
|
|
|
a.
Cepat
rambat gelombangnya
b.
Frekwensinya
6. sebuah sumber menghasilkan frekwensi 20 kHz. Hitunglah panjang gelombang bunyi tersebut jika cepat rambatnya 2000 m/s!
7. Buatkanlah kesimpulan pembelajaran hari ini …………………………………………
Tidak ada komentar:
Posting Komentar