Sabtu, 05 Oktober 2024

BERBAGI PRAKTIK BAIK PADA MGMP PRAKARYA KOTA KENDARI

Semenjak subuh persiapan presesnyase dilakukan. Hari itu (28/9) saya akan berbagi praktik baik pada kelompok musyawarah guru mata pelajajaran parkarya Kota Kendari. Kegiatan ini dilaksanakan pada SMPN 12 Kendari. Butuh waktu kurang lebih setengah jam untuk tiba dilokasi kegiatan.




Rencana awal kegiatan ini dimulai pada pukul 08.00 Wita. molor hingga hampir jam 09.30 Wita. Banyak hal yang dilakukan sebelum pembukaan. Mulai dari koordinasi kegiatan hingga menunggu anggota yang masih dalam perjalanan. Kegiatan ini akhirnya diawali dengan sambutan Korwas Kota Kendari sekaligus membukanya secara resmi. Kepala SMPN 12 Kendari mengharapkan hasil yang maksimal dari pertemuan ini. Banyak manfaat yang bisa dipetik dalam pengembangan profesionalisme guru untuk tugasnya.



Diawal kegiatan, saya menampilkan video pembelajaran yang merupakan praktik baik dalam diferensiasi pembelajaran yang telah dilakukan. Judulnya Inspirasi tamu saga dalam diferensiasi. Beberapa tanggapan terungkap untuk menyusun sebuah portofolio digital yang dapat membantu guru dalam mengajar. Acuan pengamatan tersebut, guru-guru mulai meracang protofolio digitalnya. Rencananya, kegiatan ini masih akan berlanjut pada pertemuan selanjutnya di SMPN 5 Kendari.

P5 - KEARIFAN LOKAL SULTRA - POSTER MAKANAN KHAS SULTRA

 














POSTER PILIHAN TEKANAN ZAT PADAT

 




POSTER PILIHAN PRODUK PEMBELAJARAN TEKANAN PADA ZAT CAIR

 











VIDEO INOVATIF PEMBELJARAN IPA - TAMU SAGA

Tamu saga merupakan akronim dari tabung Menara ukur skala ganda. Media pembelajaran ini telah mengalami tiga kali modifikasi. Tipe ketiga ini disesuaikan dengan upaya pembelajaran diferensiasi dalam kurikulum merdeka. Alat ini digunakan untuk mengukur faktor yang mempengaruhi tekanan zat cair. Ada tabung celup yang berbeda ukuran, cairan dengan massa jenis yang berbeda, kedalam yang tidak sama serta jenis cairannya juga berbeda.


Diferensiasi lingkungan belajar dimulai dari rumah sendiri. Memahami produk rumah tangga yang menggunakan teknik tekanan zat cair. Beberapa konten disiapkan bagi peserta didik. Disamping buku paket, video pembelajaran, lembar kerja dan bacaan dalam blog. Juga ada bahan cetak bagi siswa yang tidak memiliki gaway. Prosesnya berlangsung dalam kegiatan eksperimen. Tutor sebaya mendominasi kegiatan dalam kelompok.

 

Ketika ada siswa yang belum mencapai tujuan pembelajarannya maka diferensiasi prosesnya beralih pada bimbingan khusus dari guru. Poster diferensiasi menjadi produk pembelajaran sebagai laporan praktikum. Boleh dirakit secara digital pada aplikasi pilihan siswa. Melukis juga dibolehkan ataupun bercerita dalam tulisan sederhana. Membuat poster manual menjadi pilihan bagi siswa yang tidak memiliki gaway. Gaya poster  menjadi pilihan siswa dalam berkreasi. Semoga media pembelajaran bebasis aset ini bisa menjadi solusi dalam belajar sains yang murah dan meriah.


#merdekabelajar #kurikulummerdeka #praktikumipa #ipasmp #smpn17kendari #pembelajaran #berpusatpadamurid #diferensiasilingkunganbelajar #diferensiasikonten #diferensiasiproses #diferensiasiproduk #pembelajaranberbasisaset #gtkhebat #videopembelajaran #tekananzatcair #hidrostatis #posterpembelajaran #videokreatif #videounik #videoinivasi #inovasimedia #suhardin #ipaasik #tamusaga 




ROKET AIR KARYA KELAS IX.4